Indonesia Dalam Data Statistik

Siang ini, secara tidak sengaja, saya mendapatkan data-data statistik tentang Indonesia, baik populasi penduduk, ketenagakerjaan, pendidikan, GDRP, etc. Pada awalnya saya bermaksud mencari CPI (indeks harga konsumen) namun berakhir dengan browsing dan mengagumi data-data yang dimiliki di situs yang saya kunjungi ini. :-D


Berikut ini adalah petikan data yang saya yakin sangat berguna untuk Anda.

  1. Jumlah penduduk Indonesia (2005) = 218.868.791
    Dari jumlah tersebut, propinsi Jawa Barat adalah propinsi dengan populasi tertinggi yaitu 39 juta jiwa. Peringkat kedua dan ketiga untuk propinsi dengan populasi tertinggi diduduki Jawa Timur (36 juta jiwa) dan Jawa Tengah (32 juta jiwa)
  2. Rasio jenis kelamin penduduk Indonesia ternyata hampir satu. Lebih tepatnya 1.01. Masih sedikit lebih banyak penduduk berjenis kelamin laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Data ini merombak paradigma awal saya yang selalu berasumsi jumlah penduduk perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki, yang secara tidak langsung mengesyahkan poligami :-D. Rasio jenis kelamin paling tinggi terdapat di Papua (1.12)
  3. 50% populasi penduduk Indonesia berada di usia produktif 15-45 tahun. Yang menarik, rasio jumlah penduduk di bawah usia produktif masih lebih tinggi (29%) dibandingkan rasio jumlah penduduk di atas usia produktif. Dengan sedikit modifikasi saya yakin gambaran penduduk Indonesia masih berbentuk piramida.
  4. Jawa Barat adalah popinsi dengan jumlah populasi tertinggi di Indonesia. Persentase populasi penduduk Jawa Barat mencapai 17.80%. Bandingkan dengan Kalimantan Timur yang memiliki luas wilayah 230 km2 (hampir 7 kali Jawa Barat), persentase penduduknya hanya 1.30%. Peringkat kedua diduduki oleh Jawa Timur (16.58%) yang diikuti dengan Jawa Tengah (14.61%).
  5. Oh ya, tahukah Anda bahwa luas wilayah Indonesia adalah 1.890.754 km2?
  6. Distribusi populasi penduduk Indonesia sangat tidak merata. Pulau Jawa dan Madura masih menjadi pulau dengan populasi tertinggi. Hal ini kemungkinan ada kaitannya dengan pembangunan yang “sangat” tidak merata di Indonesia, dimana pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana masih terpusat di pulau Jawa dan Madura. Persentase populasi penduduk di pulau Jawa dan Madura mencapai 58.8% total penduduk Indonesia yang diikuti dengan pulau Sumatera sebesar 21%.
  7. Yang perlu dicermati adalah 79% penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa dan Sumatera dimana gabungan luas pulau-pulau tersebut hanyalah 30% dari luas total Indonesia. Bandingkan dengan pulau Kalimantan, persentase jumlah penduduk hanya sebesar 5.5% dari total penduduk Indonesia dengan luas wilayah 28% luas total Indonesia
  8. Bagaimana dengan kepadatan penduduk? Seperti yang sudah saya duga, DKI Jakarta adalah propinsi terpadat di Indonesia. Kepadatan penduduk Jakarta adalah 13.344 jiwa per-km2. Propinsi Jawa Barat menempati peringkat kedua dengan 1.126 penduduk per-km2. Dilanjutkan dengan DI Yogyakarta (1.049), Banten (1.044), dan Jawa Tengah (982).

Sumber: Data Statistik Indonesia

About these ads

40 thoughts on “Indonesia Dalam Data Statistik

  1. ini info yang penting tapi menurut saya akan lebih baik jika dilengkapi dengan tabel tabel dan grafik yang menunjukan peningkatan jumlah penduduk agar lebih menarik

  2. to Thamrin:
    Mungkin yang Anda maksud adalah data yang terdapat di situs http://www.bps.go.id ya?
    Situs yang saya berikan address-nya dalam posting ini juga milik BPS kok.
    Saya pernah coba membandingkan salah satu data yang saya butuhkan (CPI), sepertinya masih lebih ter-update situs bps yang lama.

    mungkin, kedepannya salah satu situs akan dijadikan sebagai sumber data sementara situs lainnya lebih sebagai situs portal government.

  3. Menarik juga apa yang anda dapatkan.
    Saya juga sudah cek apa yang anda sajikan.
    Tapi tidakkah anda mencoba berpikir sederhana ?
    Bahwa bagaimana pun data tsb valid tetapi ada sudut2
    yg tdk bisa dipungkiri.

    Contoh-nya :
    1). Apakah ratio laki & perempuan disajikan dalam jenjang umur yang sepadan ?
    2). Kalaupun ya, maka dapat dilihat jenjang umur mana yang siap/menanti nikah ?
    3). Kalaupun ya, maka apakah dalam agama yang sama (baca:Islam) ?
    4). Kalaupun ya, maka berapa banyak muslimat yang siap poligini ?

    Kenyatan kecil tapi pahit, sampai hari ini teman perempuan saya
    (saat kuliah dulu) ternyata belum menikah. Andai benar 1:1 lalu mengapa
    terjadi ? Apakah memang dia (teman saya) salah satu korban penolakan
    poligini ? Ataukah dia terlewat pasangan (barangkali ada di kalimantan sana) ?
    Bisakah kita menjawab ini, sadarkah bahwa di sekeliling kita masih banyak
    perempuan yang mengharapkan dinikahi (sayang-nya menolak mentah2 poligini)
    Bagaimana cara kita menyelesaikan hal ini ? Handaknya kita bijak berpikir
    tanpa harus berpikir bahwa kita superior dibanding Nabi … bahkan Alloh sang
    Pencipta manusia !

  4. maksih ya,,,
    data yang sgt bermanfaat…
    tp ak masih gak ngerti,,maksud dr rasio itu gmn sii
    jumlah konkrit ce brp? ce brp?

  5. assalamu alaikum..bang!
    salam knal aja,smua infonya mnarik..niat tuk sharing info smoga slalu dicatat sebagai niat baik…itu anaknya bang ya?

  6. Ada yang tahu enggak ttg strata sosial di negeri kita? Selama ini yang diberitakan hanya persentase penduduk miskin, yang menurut data per Maret 2007, jumlah penduduk miskin adalah 37,17 juta jiwa (16,58%), yg kondisinya membaik karena beda 2,13 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

    http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=4747&Itemid=695

    Tapi sampai sekarang saya belum menemukan data, berapa sebenarnya persentase kelas atas, menengah dan bawah di Indonesia, baik secara sosial, maupun secara ekonomi.

    Bisa bantu saya?

    Makasih banayk sebelumnya ya.

  7. Masih lanjutan yang di atas…
    Pertanyaan itu muncul, karena saya pernah ditanya orang asing ttg hal ini, dan saya sbg mahasiswa Indonesia yg mestinya tahu ttg hal2 beginian, ternyata saya enggak tahu dan enggak bisa menemukan datanya… Oh….

    Any hints?

  8. Mungkin bisa ditambahkan, kalau struktur penduduk Indonesia masuk kategori piramid, tentunya rata-rata usia hidup rakyat Indonesia saat ini semakin baik… Kalau dari data 10 thn lalu rata-rata usia hidup 60-65 thn, sekarang ini dengan kemajuan dan perkembangan jaman usia hidup rakyat Indonesia mencapai 70 – 80 thn. Tentunya kita bisa menikmati hidup dengan baik, usaha-usaha untuk meningkatkan kemakmuran rakyat yang 30% di luar Jawa dan Sumatera cepat terelisasi. Sedihnya tingkat kemiskinan bisa mencapai 55-61% dari penduduk Indonesia. Sekarang bagaimana meningkatkan industri dengan sumber daya dan potensi tingkat kemiskinan? Bisa kita contoh dengan Desa Mandiri atau semacam Grameen Bank di Bangladesh.
    Bangkitlah Indonesia, Bangkitlah Bangsaku dan bekerja keraslah sedikitnya 12 jam per hari untuk melakukan inovasi, kepekaan sosial dan melakukan hal-hal konkrit bagi kaum miskin, pengangguran dan anak-anak putus sekolah.

  9. thanks ya…….. bagus banget n sangat bermanfaat datanya
    cuman yg saya cari ga ada?? berapa sih usia produktif kerja?? tolong kalo ada yg tau kirim ke e-mail yaaaaaaa
    once more… thank u

  10. mau tanya dong..

    data statistik penduduk Jakarta menurut kelas sosialnya (kelas atas, menengah, dan bawah) terbaginya masing-masing berapa persen ya??

    thanx banget sebelumnya atas jawabannya…

  11. arrrrrrrrrrrrrrrrghhhh….benar2 susah ternyata cari data penduduk resmi indonesia…gw maklum sih sensus penduduk dilakukan 10 tahunan, tapi begitu parahnya kalau jumlah penduduk ga ketahuan pastinya…aaarrrgghhh..setiap keluar data penduduk, kalau ga data penduduk miskin, ya data jumlah pemilih….arrrrrgghhhhhhhhhhhhh……

    oiiii BPSSSSSSSSSSSSSSSSSSS……

  12. Mau tanya dan minta tolong …

    ada data berupa tabel untuk jumlah ketenaga kerjaan berdasarkan gender di daerah jakarta pusat dan tingkat perekonomiannya berdasarkan sektor? terima kasih. bisa dikirim by e-mail jika ada.

  13. Mau tahu data jumlah penduduk Indonesia yang terupdate (Mei atau Juni 2009) donk. Klo ada sekalian perkembangan penduduk Indonesia dari tahun 1900 sampai tahun 2000. Butuh buat dimasukkan ke tugas besar. Klo ada yang tahu situs atau ada datanya,dapat dikirim ke email vicky_ardian@yahoo.co.id. Terima kasih sebelumnya

  14. kok g ada gmbr grafiknya siechhhh…????
    yg q butuhin khan grafiknya…,!!!!
    tolong dunkk……???!!!
    guru yg kasih tugas tu galak bgtzzzzz…….

  15. Jangankan DKI Jakarta terpadat di Indonesia, Pulau Jawa itu Pulau Terpadat di dunia berdasarkan luas pulau

    akhirnya Indonesia bisa jadi no.1 disini *terharu* lho?!

    butuh data penduduk indonesia 2009 kok susah ya

  16. Pingback: 2010 in review « blog: arya nugraha

  17. salam kenal kak….saya ayu. maaf mau minta info situs buat tau data penduduk, GDP, dan ketenagakerjaan donk…di web bps ga ada.
    lagi butuh.terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s