Gempa Bumi dan Tsunami Pangandaran 17 Juli 2006

Lagi, Indonesia tercinta ini dilanda gempa bumi. Kali ini gempa bumi berkekuatan 5.8 6.8 skala Richter melanda pesisir selatan pula Jawa, tepatnya di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada sekitar pukul 15.16 WIB.

Gempa bumi ini memicu terjadinya tsunami di pantai Pangandaran. Berita yang saya dapat menyebutkan bahwa tinggi tsunami berkisar 2-3 meter, namun berita yang saya dapat dari internet menyebutkan ketinggian gelombang mencapai 10 meter.

Sampai tadi pagi saat saya menyaksikan berita di TV, jumlah korban tewas diperkirakan 60 orang.

Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan rasa turut berdukacita atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Pangandaran.

berita seputar gempa bumi dan tsunami Pangandaran 17 Juli 2006:
Gempa bumi jawa juli 2006 dari id-wikipedia, Tsunami melanda pantai selatan Jateng dari Kompas

Update 18.07.06, 13.00:
Dalam acara Jelang Siang di TransTV diberitakan bahwa korban tewas mencapai 172 orang, sementara dalam feeds Media Indonesia diberitakan bahwa korban tewas telah mencapai 197 orang dan 85 orang dinyatakan hilang.

Update 21.07.06, 17.00:
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan, Jumat pukul 09.50 WIB, tiba di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk meninjau lokasi bencana gempa dan tsunami di sekitar pantai Pangandaran dan penanganan tanggap darurat di wilayah itu.

Ikut serta dalam kunjungan tersebut antara lain Ibu Ani Susilo Bambang Yudhoyono, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menteri ESDM Purnomo, Menhub Hatta Radjasa, Menag M Maftuh Basyuni, Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi, dan Menkes Siti Fadillah Supari.

Diharapkan dengan kunjungan ini bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi dan korban gempa dan tsunami dapat lebih cepat tersalurkan.

Update 21.07.06, 22.34:
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan agar pencarian dan penyelamatan korban gempa bumi dan tsunami di Pangandaran tetap dilanjutkan.

“Siapa tahu masih ada yang bisa diselamatkan. Waktu di Aceh (tsunami 2004), seminggu setelah itu masih ada yang bisa diselamatkan,”

kata Presiden setelah mendengarkan pemaparan oleh Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan di posko satkorlak Pangandaran, kabupaten Ciamis, Jumat. Selain itu, Presiden Yudhoyono juga meminta agar distribusi logistik ke daerah pengungsian terus dipenuhi dan dipercepat.

41 thoughts on “Gempa Bumi dan Tsunami Pangandaran 17 Juli 2006

  1. iya neeh, yang satu belumlah pulih 100%,eh udah nyambung lagi. siapa yang sebenernya berdosa, masa seperti selalu di ksih ‘status’ cobaan, kapan mau sadar kalo sebenarnya bangsa kita udah di azab ama Tuhan.

  2. Ngomong2 tentang tsunami gw jadi penasaran nih bener gak sih itu efek dari nuklir ?hayo siapa yang bisa jawab penasaranku?klo memang bener Astaghfirullahal adzim…

  3. Bukan dari nuklir kok. gw nonton di berita tv florida tentang sejarah tsunami tu emang udah dasarnya kayak gitu. hampir seluruh dunia tu berpotensi bakal kena hempasan kedahsyatan tsunami. coz bumi butuh keseimbangan alamnya. tapi tambahan juga kalo menurutku itu juga peringatan dari Allah. gitu…

  4. to tini:
    kecil (dan sangat kecil) sekali kemungkinannya apabila gempa dan tsunami tersebut merupakan efek dari nuklir atau ujicoba nuklir.
    Output dari sebuah ledakan, secara umum, ada 3:
    1. Air blast, yang tidak ada dan tidak terjadi saat gempa dan tsunami Pangandaran
    2. Ground vibration, mungkin ini yang terasa sebagai gempa
    3. Panas, rasanya (meskipun saya tidak ada di sana) tidak ada efek panas yang terjadi
    dan jangan lupa, ledakan juga punya efek
    4. toxic (racun) dan jika nuklir tentu ada efek radiasi.

    Jadi, setuju dengan Lyra, gempa dan tsunami di Pangandaran tidak ada hubungannya dengan nuklir.

  5. hanya 4w1 yang berkehendak atas segala yang terjadi di langit dan di bumi pemilik arsy. kita hanya mahluknya yg semestinya ingat dan takut kepadanya. karna manusia sendiri sering berbuat dzolim terhadapnya hingga manusia hilaf akan segala rahmat dan karunianya. semoga 4w1 membolak balikan hati dan fikiran manusia khususnya bagi warga negara indonesia kebanggaan ibu pertiwi ini. amien

  6. ya neeh!!!!apa dosa kita semua?????sehingga Tuhan memberikan cobaan seberat sekarang ini.Gempa dan Tsunami datang bertubi-tubi…belumlah sembuh benar luka dan trouma kita datang kembali bencana serupa>>>>>Sadarkah wahai saudara-saudaraku sebnagsa dan setanah air !!!!!!!Marilah kita panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa….Mintalah kepadaNYa ampunan atas semua dosa kita bersama!!!!!!!Hilangkanlah permusuhan!!!!!Eratkan persahabatan….Niscaya Tuhan akan bersama kita…..Sadarlah bahwa kiamat sudah dekat…tingkatkan ketaqwaan Kepada Tuhan!!!!

  7. iya bener.harusnya Qta semua tuh sadar kalo Tuhan kynya dah murka bgt ma Qta,kita hrs sadar di dunia ini Qta hanya sementara.Qta cm numpang aja.Kynya Tuhan marah soalnya Qta tuh dah sombong bgt.Qta dah lupa ama Tuhan yg menciptakan Qta.Bagi orang yg sombong,dunia itu serasa milik dy sehingga dia bisa berbuat apa saja.Padahal semua itu salah.Msh ada yg memperhatikan Qta,msh ada yg lbh berkuasa dari pada dia yg berkuasa di seluruh muka bumi ini.Mungkin Qta sedang diberi peringatan oleh Tuhan.Untuk itu,Qta hrs TOBAT.TOBAT lah sekarang juga,selagi Qta msh hidup………..
    Inget !!!! cm Qta yg dapat menghentikan segala musibah ini dengan berdoa pada yg di atas dan meminta perlindungan pada Tuhan agar Bangsa Indonesia tidak dilanda kesusahan lagi. {^_^}

  8. Bumi kita semakin tua … semua orang semakin lupa gimana memeliharanya. Gempa Jogja 27 Mei aku menjadi saksi diantaranya begitu juga dengan Tsunami di Pangandran aku pun salah satu korbannya. Puji Tuhan nyawa ini masih terjaga …
    What’s wrong with our Mother Earth :(

  9. just want to say all the things on the earth happen for the right purpose that God will should goes on. keep in fight my Indonesia. We can make everything become repair and must be more great than ever. FIGHT!!!!!!we love Indonesia.

  10. Aku turut berduka cita banget atas kejadian yang menimpa Indonesia……….semoga korban bencana alam diberi ketabahan,dan aku harap dengan kejadian ini kita bisa intropeksi diri………bencana alam itu enggak ada peringatan lho,jadi sebagai manusia biasa kita harusnya lebih mendekatkan diri pada Tuhan…………….AYO BANGKIT INDONESIA……………..I KNOW YOU CAN!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. BANTUL BANGKIT,..
    JOGJA BANGKIT,..
    PANGANDARAN JUGA BANGKIT,..
    AYO BANGKIT INDONESIAKU,..
    SEMOGA 4JJI MENGAMPUNI KITA,.
    SEMANGAT,..!!

  12. aaaaaaaaaaadddddddddduuuuuuuuhhhhhhhh… bencana lagi bencana lagi kapan ya bisa tentram indonesiaku…kayanya dengan banyak bencana ini orang-orang yang gak bertanggung jwb malah bs manfaatin ini tuk perkaya diri, moga aja dugaanku salah ya… ini cobaan, sekaligus teguran buat semuanya supaya belajar ikhlas dan sabar, moga yang kena bencana alam bs bangkit lagi dan terus SEMANGAT!!!

  13. seHaruSnya kiTa beRkaca diRi,,
    mungkin Tuhan sedang menguji kita,, sePerti haLnya sEkoLah,,
    untuk meRaih keLas yaNg Lebih tinggi kiTa haRus meNempUh uJian teRlebih daHulu??? saMa haLnya denGan hidUp, seMakin banYak dan seMakin beRat kita menemUi suaTu rintangan jiKa kiTa daPat meLaLuinya denGan baik kiTa dapAt panGkaT yang Lebih tinggi Lagi…
    jadi selaLu berpikiR posiTif,,, mungkin Tuhan akan meningKatkan deRajat kita di mata oRang Lain…

  14. jangan saling menyalahkan…marilah kita yang saling intropeksi diri, mohon ampun pada-Nya..
    so..buatlah bumi ini indah dan nyaman dengan ‘peduli’pada alam.

  15. cape deh…,semuax mgkn udh dr yg di-ATAS.QITA BLON 100% DKAT AMA DIA.jd ini smacam pringatan lwt ALAM Agar qita kmbali lagi di jALANx.makax qt prlu introspeksi,OK?

  16. Semua itu memang bner,mngkin itu sebuah peringatan dr yg di Atas.
    Tp emang bner jg sie,klo di pangandaran tuh isinya cmc maksiat.
    kbanyakan orang2 dsana pd suka ngelakuin maksiat.orang lburan,dr rumah ke Pangandaran blangnya mo lburan g taunya disana malah berbuat maksiat.
    mngkin jg ini tanda2 kiamat sudah dekat.

  17. Gempa dan tsunami di Pangandaran tidak usah ditakutkan, karena itu bisa terjadi dimana dan kapan saja. Seharusnya kita sadar akan kehidupan kita, apa yang telah kita perbuat dan apa yang telah kita lakukan pada alam ini. Selebihnya kita pasrahkan diri kita kepada Allah yang menciptakan alam dunia beserta isinya.

  18. kalo aku jadi gempa…
    aku akan datang pada orang2 yang suka pake duit negara&masyarakat untuk memperkaya diri sendiri.
    sayang aku bukan gempa…
    jadi ya bisanya hanya bercermin.tapi cukupkah itu ?

  19. alhamdulillah allah masih melindungi kami ,sehari sebelum terjadi kami mengadakan liburan dalam rangka ultah pabrik ayah,diambil bulan juli krn bertepatan dng liburan sekolah.betapa terkejut kami ketika sore harinya kami dengar tsunami di pangandaran,we love u god….

  20. to ARIN
    Masalahnya, kebanyakan dari kita tuh g tahu kalo dirinya berdosa. Saat azab datang, ada yang tidak merasa berdosa walaupun azab itu datang karena dirinya dan orang-orang yang seperti dirinya (orang-orang yang sama-sama berdosa). Namun, ketika azab telah datang, maka sebuah penyesalan hanya akan menjadi penyesalan saja tanpa adanya pengampunan.

  21. aku bersyukur bgt klo di tangerang tuh slama ni blm da gempa yg parah ampe rmh rusak paling cm gempa biasa….
    aku takut banget sama gempa, gunung merapi, banjir, tsunami dll
    mdh2an ja ga da gempa lg…
    rmh ku dkt bgt sm anyer n gunung krakatau…
    wkk kmrn denger berita klo gnung krakatau mo meletus aq tkut bgt…
    sekian crita qu nich…
    bye…thxx

  22. Klo menurut saya…Tuhan sudah membuat alam ini sedemikian rupa dengan segala hukum dan perhitungan-perhiungannya.
    Gempa bumi dan tsunami adalah bagian dari hukum Tuhan…memang sudah dari awal bumi diciptakan sudah seharusnya seperti itu. Hanya manusia saja yang bodoh dan tidak mau belajar. Manusia tetap tinggal di pinggir2 pantai dengan tanpa ada mekanisme perlindungan atau ‘early warning’ system.

    Contoh ke bodohan manusia adalah seperti kita lihat di Banda Aceh…mereka tidak memindahkan pemukimannya. Dan tsunami kemungkinan akan terjadi lagi suatu saat di masa depan..apakah mereka telah siap dengan itu. Saya yakin jika tsunami terjadi lagi disana…lagi2 kita manusia akan menyalahkan Tuhan.

    Indonesia adalah daerah tempat bertemunya lempeng-lempeng benua. Jadi disinilah tempat semua lempeng itu saling bertabrakan..dan gempa bumi/tsunami merupakan suatu yang memang pasti terjadi. hanya masalah waktu saja yang manusia belum tau ilmunya.

    Jangan salahkan Tuhan…tapi sebaiknya kita mawas diri untuk selalu ‘siap’ jika bencana itu datang.

  23. klu mnurt w c…sgala bencna alam yg tjdi…tuh mank dah jd konsekwensi khidupan..
    klu mw nyari tmpat yg aman wat blindung pasti di dunia ni dah ga da….
    coz cm 1 tmpat blindung,yaitu TUHAN…mgkin ada bner na jg yg dinyanyiin ma om Ebiet G.Ade
    “MUNGKIN TUHAN MULAI BOSAN MELIHAT TINGKAH KITA,YG SELALU SALAH DAN BANGGA ATAS DOSA2..
    ATAU ALAM MULAI ENGGAN BERSAHABAT DENGAN KITA”
    jd ada bae na jg klu umat NYA pd tobat dah….hee…..

  24. sang KHALIQ telah memberikan peringatan bagi kita semua tanpa melihat siapa yang ada di dalamnya.
    PANGANDARAN PANTAI YANG INDAH………
    namun porak poranda saat sekejap oleh dahsyatnya Tsunami. kita hanya bisa tertunduk haru dan seraya mohon doa pada sanga maha kuasa untuk diberikan keselamatan……
    amin

    segenap paguyuban pasundan mengucapkan bela sungkawa atas musibah bencana tsunami pantai pangandaran. semoga diberikan ketabahan bagi korban

  25. saya sangat terharu setelah mendengar bahwa pantai pangandaran tekena tsunami dan gempa bumi yang sangat dahsyat. saya tidak menyangka bahwa gempa bumi dan tsunami telah menghabisi kota pangandaran.mungkin sang pencipta marah karena,sebagian warga tidak pernah khilaf dari perbuatan buruknya

    sekian Dan trimakasih…..

  26. bencana telah banyak melanda indonesia, perbanyaklah berdzikir agar selalu selamat dari segala mara bahaya dan kita selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa. sudah banyak korban yang ditelan oleh bencana alam seperti tsunami diaceh yang paling terparah.

  27. mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm!!!!!mungkin ini cobaan bagi kita n tuhan menyuruh kita agar mendekatkan diri padanya!!!!!!!!!!!!!!!!so sabar j yaaaaaaaaaaaaaaa

  28. mungkin ini cobaan bg qt smua, smg ap yang tlah terjd…qt smua bs mnyadri ap yg tlah qta perbuat..slama ini…………………….salam kemanusiaan dari mhsswa stkip pgri smbar….”

  29. ya ALLAH semoga bencana ini tidak terulang kembali…
    aMiiiiiiiindh…..

    apa dosa negeriku tercinta ini sehingga banyak bencana terjadi di tanah air ku ini,,,,
    Apakah,,ini adalah dampak (perbuatan para pemerintah negara yang selalu KKN,,,,,?????) mungkin aLLah tidak rela kalau negara ini di kotori oleh manusia_manusia seperti mereka…!!!!!!
    ya aLLah sadarkanlah mereka>>>
    dan semoga bencana itu tidak akan pernah terulang kembali di tanah air ku tercinta ini ya allah……
    amiiiiiiiiiiin ya robbal alamiin

  30. Pingback: 2010 in review « blog: arya nugraha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s