Perth: Free Transit Zone

Berkeliling kota Perth gratisan, mungkinkah?

Siapa bilang tidak mungkin? Transperth Free Transit Zone (FTZ) adalah zona bebas biaya untuk penggunaan alat transportasi umum di dalam kota Perth, termasuk di dalamnya bus, kereta, dan layanan bus Central Area Transit (CAT). FTZ mencakup seluruh pusat bisnis, pertokoan dan perbelanjaan, serta rekreasi di seputar Perth dan Northbridge. Di dalam peta di atas, FTZ berada di dalam wilayah berwarna putih dengan garis terluar berwarna merah.

Layanan bus CAT adalah salah satu favorit saya. CAT adalah layanan shuttle bus seputar Perth yang akan berhenti pada setiap halte yang telah ditetapkan. Gambarannya mungkin mirip dengan Busway di Jakarta, namun tentu saja gratisan dan tidak memerlukan platform khusus.

Ada 3 jenis CAT yang terdapat di Perth, yang dibedakan berdasarkan warna halte-nya. Red CAT, Blue CAT, dan Yellow CAT. Jalur berwarna merah, biru, dan kuning di dalam peta di atas menggambarkan jalur masing-masing CAT. Pada setiap halte terdapat jam digital yang menunjukan kapan CAT berikutnya tiba di halte tersebut. Satu putaran penuh jalur CAT rata-rata ditempuh selama 40-50 menit. Anda bisa naik di halte mana saja untuk kemudian berhenti di halte mana saja, tidak perlu turun di halte akhir.

Jalur operasi Blue CAT membentang utara-selatan kota, mulai dari tepi sungai dan membelah kota Perth. Jalur operasi Red CAT membentang dari timur ke barat, melalui jalur sentra bisnis, stasiun kereta api, dan terminal bus. Yellow CAT beroperasi dengan bentangan timur-barat antara East Perth dan West Perth. Di beberapa halte terdapat interkoneksi ketiga buah CAT ini sehingga kita dapat menjelajah seluruh kota Perth dengan cara naik turun CAT yang berbeda.

Masing-masing CAT memiliki jadual operasi tersendiri, namun seluruh CAT tidak akan beroperasi pada hari libur.

Blue CAT beroperasi dari hari Senin hingga hari Minggu dengan jadual sebagai berikut:

  • Senin hingga Jumat Blue CAT beroperasi sejak 06.50am hingga 06.20pm setiap 7 menit sekali.
  • Hari Jumat Blue CAT juga akan beroperasi pada 06.20pm hingga 1.00am setiap 15 menit sekali.
  • Hari Sabtu beroperasi sejak 08.30am hingga 1.00am dengan selang waktu 15 menit.
  • Hari Minggu beroperasi sejak 10.00am hingga 05.00pm setiap 15 menit

Red CAT juga beroperasi dari hari Senin hingga hari Minggu dengan jadual sebagai berikut:

  • Senin hingga Jumat beroperasi sejak 06.50am hingga 06.20pm setiap 5 menit
  • Sabtu dan Minggu beroperasi mulai dari 10.00am hingga 06.15pm setiap 25 menit

Yellow CAT beroperasi 7 hari selama satu minggu dengan jadual sebagai berikut:

  • Senin hingga Jumat beroperasi sejak 06.50am hingga 06.20pm setiap 10 menit
  • Sabtu dan Minggu beroperasi sejak 10.00am hingga 06.15pm setiap 30 menit

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.