Buku Masa Lalu

Beberapa hari terakhir ini saya punya tambahan koleksi buku yang kisahnya cukup unik (ah, ini untuk posting yang lain saja). Saat melihat koleksi buku di dalam rak, saya jadi terkenang dengan koleksi buku saya dan adik saya saat kami masih sama-sama kecil. Mulai dari majalah, buku fiksi, dan ada sebagian non-fiksi. Maklum saja, seingat saya kebiasaan membaca sudah saya tekuni sejak kelas nol. Di mulai dari majalah Bobo lalu jump ke serial Lima Sekawan di kelas 1/2 SD.😀

Ini kira-kira adalah daftar koleksi buku – tidak termasuk majalah (dalam group – yang setiap groupnya terdiri dari beberapa seri) yang saya dan adik saya memiliki, sejauh yang dapat saya ingat. Yang pasti, sebagian besar (more than 95%) koleksi ini masih ada di rumah orang tua saya. Daftar ini juga saya lengkapi dengan link wikipedia untuk memberikan gambaran koleksi buku tersebut.

  • Serial Lima Sekawan – The Famous Five – Enid Blyton (tidak lengkap)
  • Serial Pasukan Mau Tahu – The Five Find-Outers – Enid Blyton (lengkap)
  • Serial Trio Detektif – Three Investigators – Alfred Hitchcock (lengkap)
  • Serial Sapta Siaga – The Secret Seven – Enid Blyton (lengkap)
  • Serial Gadis Badung Bengal – Naughtiest Girl – Enid Blyton (tidak lengkap)
  • Serial Petualangan, yang saya lupa persis ‘title” terjemahannya – The Adventure – Enid Blyton (tidak lengkap, seingat saya malah hanya saya miliki 2 judul)
  • Serial Hardy Boys – The Hardy Boys – Franklin W Dixon (tidak lengkap, merupakan pemberian dari saudara sepupu saya)
  • Serial Malory Towers – Malory Towers – Enid Blyton (tidak lengkap, pinjaman dari saudara sepupu yang sepertinya masih ada di rumah :-D)
  • Deni Manusia Ikan, seingat saya sebelumnya adalah cerita gambar bersambung di majalah Bobo, kemudian dibuat dalam model buku komik (lengkap)
  • Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 Wiro Sableng (tidak lengkap, lebih mudah meminjam buku ini ke teman dibandingkan harus merogoh kocek)
  • ada beberapa buku lainnya yang saya lupa judulnya.

Sepertinya sebagian besar buku yang saya miliki adalah karya Enid Blyton ya? Sejak kelas 1 atau 2 SD saya memang sudah menggemari buku-buku semacam itu. Dari koleksi tersebut, koleksi Trio Detektif dan Pasukan Mau Tahu adalah favorit saya. Saya bahkan masih sering mengulang membaca koleksi ini saat masa kuliah. Masih jelas di ingatan saya saat PakDe saya di Surabaya membelikan serial Trio Detektif pertama saya (seri 1 hingga 3) dan Serial Pasukan Mau Tahu pertama saya (seri 1 hingga 3) saat saya naik ke kelas 3 SD.

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.

13 thoughts on “Buku Masa Lalu”

  1. Mau dong Deni manusia ikannnya di scan. Biar aku bisa download. Soalnya pnasaran bgt ama critanya ampe surfing ke internet berhari2 gak ktemu. Ntar tlg info ke e-mailku yah. thx.

  2. trus terang saya kaget banget,lho, ternyata masih ada yang tau juga tt enid blyton, pengarang kesukaan saya. Bikin saya juga inget masa2 SD dulu, ^_^ suenengnyaaa baca buku2 petualangan.. apa boleh saya minjem buku2nya arya yang luengkap itu, cukup luengkap deh rasanya. soalnya buku2 masa lalu itu, saya udah pada ngga punya. dan lagi buku2 keluaran barunya nurut aku sih ga sebagus terbitan yang dulu yach.. itung2 jadi ngelepas kangen ma si enid.. apa arya tinggalnya di bandung? salam kenal yach.

  3. ada yang lupa nih,selain enid b., surprais juga ada yang tau hardy boys, dan deni manusia ikan. itu judul2 yang nurut aku bener2 oke. asyik banget yah bacanya.

  4. Baru2 ini, seorang familiku yg tau sy punya koleksi Serial Trio Detektif membelikan sy satu seri yg belum sy punya; cetakan pertama edisi bhs Indonesia. …akhirnya lengkap juga… Buku kamu itu terawat ga ya? arya, apakah kamu berniat menjual Serial Trio Detektif-nya? kalau berminat, ada toko online bukubagus.com

  5. (numpang lewat lagi cari buku2 story lama download)

    Wah … bukunya jadoel dan saya banget, mas🙂 …

    Saya paling suka buku2 Enid Blyton … Lima Sekawan udah baca semua … Di rumah lengkap tapi pada ilang-ilangan … Saya punya lengkap koleksi buku Tintin (Indonesia)… Ada Tanguy and Laverdure, Lucky Luke, Roel Dijsktra-Storm-Trigan, Deni Manusia Ikan, Trio Detektif, Asterix, Steven Sterk, Noddy, Gadis Badung, Mallory Towers, STOP, Valiant, Nina, Smurf, Johan-Pirlouit, wahhh … banyak deh semuanya kebanyakan buku2 tahun 80an punya saya masih kanak2, sekarang semuanya ada di rumah orang tua saya (klo masi ada) …

    Semuanya pernah tampil di majalah2 macam Bobo dan Hai … Dan saya paling suka tampilan buku2 lama tersebut daripada buku2 jaman sekarang (udah mahal, kecil lagi gambar2nya, kayak Tintin sekarang)

    Begitu aja mas, cuma berbagi … saya lagi cari2 ebook buku2 lama tersebut … kebetulan numpang lewat blog ini & kebetulan lagi download pdf arad & maya🙂 … makasih wassalam

  6. Dear sodara Evan, perkenalkan nama saya Davy. saya tertarik membeli komik deni manusia ikan, noddy, smurf, trigan, dan asterix anda scr komplit. apakah anda bersedia menjual nya? anda bisa mengirimkan respon anda ke email saya di dv_tee@yahoo.co.id . terima kasih utk perhatiannya.
    juga utk sodara Arya, salam kenal jg🙂 . saya jg tertarik membeli komik deni manusia ikan anda scr komplit, apakah anda bsedia menjual nya? tlg kirimkan respon anda ke email saya diatas. terima kasih.

Comments are closed.