Menemukan MAC Address AirPort di MacBook

Sebagai salah satu switcher baru (dan tentu saja newbie), internet dan milis adalah rujukan terbaik ketika menemukan kendala saat mengulik white.MacBook baru saya. Namun tentu saja terkadang jawaban yang dicari tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Solusinya? Mencari lebih detil. 😀

Salah satu permasalahan yang saya temukan pertama kali adalah koneksi ke jaringan kantor baik melalui kabel ataupun wireless. Masalah muncul saat saya akan melakukan koneksi ke access point kantor (yang berada di dekat rumah). Admin kantor melakukan filter berdasarkan MAC Address. Hanya MAC Address terdaftar saja yang bisa melakukan koneksi melalui access point tersedia. Nah, kendala yang saya hadapi adalah mencari MAC Address AirPort di MacBook. 😀

Ternyata caranya sangat mudah dan terdapat beberapa cara, namun di posting ini saya hanya akan menuliskan 2 cara yang cukup signifikan berbeda

  1. Apple Menu > System Preferences > Network > Pilih AirPort pada Menu di sebelah kiri > Klik Advance > Pilih tab AirPort. Di bagian bawah akan tertera MAC Address MacBook. Meskipun demikian sepertinya di OS X lebih dikenal dengan istilah AirPort ID
  2. Di dalam Finder > Application > Utilities > buka Terminal > Ketik ifconfig en1. en1 adalah AirPort Anda.

BTW, Newbie banget ya? 😀

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.

5 thoughts on “Menemukan MAC Address AirPort di MacBook”

Comments are closed.