Presidan Pilihan: SBY

Catatan:
Tulisan berikut bukan merupakan bentuk dukungan atau penolakan atas salah satu calon Presiden Republik Indonesia periode 2009 – 2014. Tulisan berikut adalah opini pribadi setelah menyaksikan tiga tayangan Presiden Pilihan di TVOne pada 20 Mei 2009 hingga 22 Mei 2009 yang memberikan kesempatan kepada para Calon Presiden untuk menyampaikan Visi dan Misi bidang ekonomi.

Sosok SBY sebenarnya adalah sosok yang paling akrab dengan bangsa ini dalam 5 tahun terakhir. Siapapun boleh berkata “ini jasa saya”. But in the end, like it or not, he’s the Boss. He’s the President. Di bawah kendali SBY lah semua itu berjalan.

Jujur, SBY adalah Calon Presiden yang, menurut saya, paling mampu mengemas dan menjabarkan konsep dengan lengkap. Konsep pengembangan ekonomi yang diajukannya terintegrasi dan mampu dikemas dan disampaikan secara baik. “Lupa” di awal masih bisa ditebus dipenghujung acara.

Jujur pula, dan lagi menurut saya, SBY adalah calon presiden yang juga telah melengkapi semua konsep pengembangan ekonominya dengan KPI dan target untuk masing-masing KPI. Diantaranya adalah pertumbuhan ekonomi rata-rata 7 persen di akhir 2014, konsumsi domestik 5%, dan inflasi di bawah 6%.

Konsep umum adalah melanjutkan yang sudah baik dan memperbaiki yang belum baik. Umum dan bebas interpretasi. Sama dengan JK (sebagai kontestan pertama) perbaikan birokrasi menjadi pekerjaan rumah kedua orang ini. Wajar, karena keduanya saat ini pemegang tampuk kepemimpinan, jadi beban ini layak disampirkan di pundak mereka. Infrastructure development juga menjadi issue sentral yang dikedepankan SBY, karena menurut SBY, infrastruktur adalah roda penggerak pengembangan ekonomi.

Sayang, sebagaimana JK, saya tidak bisa menangkap dengan rinci konsep pengembangan energi bagi negara Indonesia. Semoga original blue print visi dan misi SBY tidak lupa mencatat ini.

Overall, konsep jelas, namun saya lebih memilih kemampuan untuk mengaplikasikan konsep yang indah menjadi kenyataan. Apakah sang CaWaPres memiliki kemampuan ini?

Anda yang memilih.

[end]

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.