Negeri 5 Menara

Pada awalnya saya sempat ragu mengambil buku ini dari tumpukan. Namun, setelah halaman ke 10, saya merasa beruntung telah menariknya ke dalam genggaman tangan sebelum menuju kasir.

Kisah (novel) tentang proses belajar-mengajar di pondok mungkin cukup langka, namun kekuatan buku ini bukan di sana. Kisah sederhana namun kaya pesan moral adalah kekuatan buku ini. Kisah sederhana tentang 6 siswa pondok – Alif, Said, Atang, Dulmajid, Baso, dan Raja – saat menjalani proses belajar di Pondok Madani. Meski dengan motivasi yang berbeda namun semua memiliki mimpi yang sama: membangun masa depan melalui lembaran ilmu. Gaya bahasa yang sederhana, tutur cerita yang mengalir membuat saya terpaku. Pesan moral penuh di sana-sini. Latar belakang khas pelajar di Indonesia juga kental di sana. Mulai dari mie dan kopi. Hingga kesulitan keuangan hadir di sana.

Menurut saya, novel ini adalah cermin tentang sisi positif pendidikan negeri ini. It’s truly Indonesia – sebut saya di Twitter.

Book facts: Judul: Negeri 5 Menara Pengarang: A. Fuadi Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

tweet your thoughts, support #indonesiaunite

Posted via email from footprints

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.