Pencabutan implementasi pembatasan penggunaan energi listrik: satu langkah mundur pemerintah

[Starting 2010] power reserves in Java and Bali will be sufficient as three power plants are set to fully operate. Government is planning to revoke emergency decrees in January next year that previously required businesses in Java and Bali to cut electricity consumption

Excerpt from The Jakarta Post.

WTF?! Pemerintah justru mendorong perilaku boros dalam hal konsumsi energi listrik. Menghilangkan batasan justru akan meningkatkan kebutuhan daya listrik, terlebih pada kondisi masyarakat yang belum memiliki budaya hemat listrik. Peningkatan kebutuhan energi listrik akan sulit diimbangi oleh peningkatan kapasitas energi yang mampu dihasilkan. Kebutuhan tertinggi saya pikir akan terjadi di area usaha kecil dan menengah yang terbukti lebih tahan menghadapi krisis. Meskipun berada dalam taraf UMKM namun pertumbuhannya akan sangat signifikan sehingga kebutuhan energi listrik meningkat tajam di area ini.

Faktor boros listrik juga dapat dilihat dari budaya masyarakat Indonesia yang tidak berorientasi pada peralatan hemat listrik dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: jor-joran dalam penggunaan komputer dan laptop haus power. Masyarakat kita cenderung memiliki pemahaman bahwa kecanggihan komputer ditentukan oleh tingginya frekuensi processor tanpa menyadari bahwa hal tersebut memiliki korelasi dengan tingginya power yang dibutuhkan. Padahal tidak jarang komputer atau laptop tersebut hanya digunakan untuk pekerjaan rendah konsumsi daya, misal: pekerjaan pengolah kata, spreadsheet sederhana, browsing, atau menonton dvd.

Krisis energi bukan kondisi saat ini, melainkan kondisi yang akan terjadi setiap saat di masa depan kita, terlebih jika perilaku dan budaya masyarakat Indonesia masih seperti saat ini. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah peningkatan kesadaran akan pentingnya perilaku hemat listrik, memberikan insentif bagi usah kecil menengah yang melakukan implementasi diversifikasi energi, implementasi clean energy dan energi daur ulang, dan banyak lainnya. Meskipun demikian penekanan perlu dilakukan oleh pemerintah terhadap perubahan paradigma tentang energi yang tak terbatas.

Posted via email from footprints

Advertisements

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.