Manusia dalam usia 4 tahun

Kapan seorang manusia menjadi individu utuh?

Pertanyaan tersebut pernah saya ajukan pada diri sendiri saat memperhatikan pertumbuhan putri pertama saya. Dan, saya pikir, saya siap menjawabnya saat ini.

Individu utuh, menurut saya, dapat dilihat dari kemandiriannya dalam menentukan dan memutuskan sesuatu berdasarkan pertimbangannya atau opininya atau perasaannya. Hal ini tidak ada hubungan dengan benar atau salah suatu keputusan diambil. Kembali menurut saya, usia 4 tahun adalah awal dimana seseorang mulai keluar dari lingkaran pengaruh individu terdekatnya (bisa orangtua, khususnya ibu, atau yang difigurkan sebagai orangtua) dan menjadi individu yang mandiri. Individu yang memiliki pikiran sendiri. Anak usia 4 tahun tersebut mulai berpikir dan merasakan bahwa ia adalah individu terpisah yang bisa berbeda dengan orang-orang terdekatnya.

Saya mengalami hal itu saat ini. Putri pertama saya, Nayyara, mulai memiliki pendapat sendiri, keinginan sendiri, dan persepsi sendiri tentang hal-hal tertentu. Contoh paling kecil adalah memilih sepatu. Ia, saat ini, mulai menentukan sendiri sepatu apa yang akan dia beli, sepatu apa yang akan ia gunakan saat pergi ke suatu tempat, atau bahkan menolak sepatu yang kita pilihkan baginya.

Satu hal baru saya pelajari dari putri kecil saya. Ia mulai menjadi individu yang merdeka.

Posted via email from footprints

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.