Ride of Silence dan Ghostbike: perjuangan hak-hak pengguna sepeda Indonesia – sebuah tinjauan penyebab kecelakaan

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, tidak kurang dari 12 orang pesepeda di seluruh nusantara wafat dalam kecelakaan jalan raya. Menjadi tragis di saat para pesepeda tersebut dengan berbagai alasan melakukan kegiatan sepeda harus berakhir hidupnya akibat kecerobohan dan kelalaian pengemudi kendaraan bermotor.

Pengguna sepeda di Indonesia memang belum mendapatkan hak-hak mereka untuk dapat bersepeda dengan aman. Lupakan kenyamanan. Keamanan adalah prioritas utama bagi para pengguna sepeda. 

Hirarki penyebab kecelakaan dapat dibagi menjadi dua yaitu (1) penyebab langsung dan (2) penyebab dasar. Penyebab langsung adalah seluruh penyebab yang secara langsung mengakibatkan terjadinya sebuah kecelakaan. Penyebab langusng pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 (dua) kategori (1) Tindakan tidak aman – substandard action, contohnya berkendara tanpa helmet, berbelok tanpa memberikan sinyal, dan (2) Kondisi tidak aman – substandard condition, contohnya helmet rusak, lampu sinyal berbelok tidak menyala, seat belt tidak berfungsi.

Penyebab dasar adalah faktor-faktor yang mengakibatkan atau mendorong terjadinya penyebab langsung. Penyebab dasar juga dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) yaitu (1) Faktor personal, yaitu faktor-faktor di dalam diri setiap orang yang mendorong dirinya untuk melakukan tindakan tidak aman. Contohnya adalah kurang pengetahuan, kemampuan yang kurang (baik secara fisik maupun kejiwaan), stress, dan motivasi yang tidak tepat. Jika Anda agak bingung dengan istilah motivasi yang tidak tepat maka contoh yang dapat saya berikan adalah misalnya rangsangan bonus akan menyebabkan seseorang untuk mengendarai kendaraan di atas batas kecepatan yang telah ditentukan. (2) Faktor pekerjaan adalah faktor-faktor dalam pelaksanaan kegiatan yang mendorong terjadinya penyebab langsung, contohnya standar kerja yang kurang.

Memperhatikan penjelasan di atas, kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada para pengguna sepeda pada umumnya memang disebabkan karena "kelalaian" pengguna jalan lain. Meski demikian, perlu dicatat bahwa para pengguna sepeda pada dasarnya menggunakan jalan yang bukan dikhususkan bagi pengguna sepeda (kondisi tidak aman dan tindakan tidak aman). Oleh karenanya diperlukan suatu pengamanan extra, di luar safety equipment, untuk membuat pengguna sepeda aman. 

Brainstorming time?
Advertisements

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.