Pasar Induk Berau, Tanjung Redeb, yang mengagumkan

Pasar secara umum terbagi menjadi 3 gedung utama. Gedung bagian depan adalah Pasar Kering 3 tingkat. Tingkat pertama dan kedua digunakan untuk tempat berjualan. Tingkat ketiga belum bisa saya kunjungi, karena masih tertutup. Gedung kedua berbentuk setengah lingkaran yang dihubungkan langsung dengan gedung Pasar Kering di tingkat dua. Gedung ini semacam meeting point, sebuah meeting point terbesar yang pernah saya lihat untuk ukuran pasar. Bagian bawah adalah halaman berbentuk lingkaran luas (lihat gambar terakhir dalam post ini) sementara di ujung bagian dalam halaman adalah area yang bisa digunakan untuk tempat berkumpul, bersantai, atau sekedar berjalan-jalan. Bagian dasar ini juga dilengkapi dengan toko-toko yang bentuknya berbeda dengan toko/kios lainnya, dengan kaca-kaca besar tempat window shopping yang juga bisa digunakan sebagai kantor pemasaran. Bagian atas adalah food court luas. Konsep "plaza" ini mengingatkan saya pada Lippo Karawaci Mall – khususnya bagian tengah Mall di mana center area adalah meeting point yang bisa digunakan sebagai panggung atau keperluan lainnya sementara di sekelilingnya adalah food court.

Gedung terakhir, di bagian belakang, adalah gedung Pasar Basah. Sayur, buah, ikan, daging, bumbu, dan bahan makanan lainnya tersedia di sini, dengan konsep sebagaimana layaknya pasar tradisional umumnya, namun dengan penataan yang lebih apik.

Secara keseluruhan, pasar baru ini mirip gabungan ITC (kios/toko), mall (food court), dan kompleks pertokoan dengan jalur-jalur lalu lintas kendaraan dan tempat parkir. Di bagian tepi pasar juga tersedia gedung perkantoran pasar, ruko yang masih dalam pembangunan, serta tempat sampah terbesar yang pernah saya lihat (untuk sebuah mall).

Yang pasti, tempat ini menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat bersantai di akhir pekan – di pasar.

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.

2 thoughts on “Pasar Induk Berau, Tanjung Redeb, yang mengagumkan”

  1. Wah, Ruar biasa sobat
    sudah hampir 1 tahun saya meninggalkan kota berau yang kucintai, begitu besar perubahan kota ini.

    Mohon unduh Pic nya ya, mau saya promosikan di Main Blog saya, so jangan lupa berkunjung balik yaa

    Salam Sanggam

  2. Saya kagum dengan kota berau yang begitu luar biasa perkembangannya , itu semua tidak luput dari bapak bupati yang luar biasa ,,,, sekalian mau tanya informasi apakah ada toko atau kios yang bisa dikontrak diareal pasar ini untuk bisa saya jualan plastik. Makasih atas informasinya ,,, hp : 085232640077

Comments are closed.