Integritas dan kejujuran, apa perbedaan mendasar keduanya?

Beberapa waktu yang lalu (entah sudah berapa lama dan kapan tepatnya)
saya mengikuti salah satu sesi presentasi Lilik Agung, penulis CEO
Wisdom, yang diselenggarakan oleh kantor tempat saya bekerja.

Ada satu highlight yang cukup berkesan bagi saya yaitu pertanyaan
“perbedaan antara integritas dan kejujuran”, yang kembali teringat
saat mengikuti berita tanpa henti tentang pemeriksaan KPK terhadap
anggota DPR.

Ini adalah penjelasannya.

Kejujuran adalah mengatakan apa yang dilakukan. Sebaik apapun atau
bahkan seburuk apapun tindakan selama ia mengatakan apa yang telah
dilakukan maka ia jujur. Misalnya: “Saya melakukan korupsi ….”

Integritas adalah melakukan apa yang dikatakan. Utuh antara perkataan
dan perbuatan.

Saya pikir keduanya merupakan kesatuan yang menjadi modal para
pemimpin, dimanapun ia berkarya.

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.