Tentang kreativitas dan kecerdasan

Masih tentang buku yang baru saja saya baca, Are You Smart Enough to Work at Google? – yang saya tulis di sini, salah satu tema yang diangkat adalah tentang kreativitas (Bab 2 – The Cult of Creativity).

Pada awalnya perusahan (dalam hal ini pemberi pekerjaan) menempatkan kecerdasan (intelligence) sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan intelektual – yang pada akhirnya menentukan kesuksesan. Namun permasalahan yang muncul pada akhirnya adalah orang-orang dengan tingkat kecerdasan tinggi tidak selalu menjadi pekerja yang "sukses". Hingga pada akhirnya beberapa teorema tentang kreativitas berkembang, mulai dari J.P Guilford dan Ellis Paul Torrance, yang menyatakan bahwa kreativitas bukan hanya berbeda dari kecerdasan namun kreativitas juga menjadi faktor kunci. Salah satu hipotesa-nya: jika anda kreatif maka anda pasti cerdas – tapi belum tentu sebaliknya.

Kreativitas adalah menciptakan sesuatu yang baru atau berbeda yang merupakan hasil dari proses

  • munculnya kesulitan, masalah, jurang pengetahuan
  • penyusunan dugaan dan hipotesa berkaitan dengan permasalahan
  • uji coba dari hipotesa
  • kemungkinan perbaikan hipotesa dan uji coba ulang
  • dan mengkomunikasikan hasil yang diperoleh

Sounds familiar? Yupe, itu adalah metodologi pemecahan permasalahan.

Konsep yang diajukan Guilford untuk menguji kreativitas adalah divergent thinking (creative thinking) sebagai pelengkap dari convergent thinking – yang merupakan proses logika untuk memilah-milah dan menentukan solusi terbaik. Kesemuanya untuk menjawab pertanyaan besar dari seluruh perusahaan: apakah memungkinkan untuk memprediksi orang-orang yang akan sukses di masa mendatang.

Salah satu uji divergent thinking adalah brick test – yaitu memikirkan sebanyak-banyaknya kegunaan batu bata. Menarik ya? Uji ini pernah saya coba sebelumnya pada beberapa lulusan baru engineer, tanpa tahu dasar teori ini, dan hasilnya secara umum memang engineer lebih jago dalam convergent thinking. Kenapa ya?

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.