Kekuatan dan potensi video 15 detik

Saya barusan mencoba mengukur waktu tayang (durasi) rata-rata iklan komersial di televisi. Saya perhatikan ada 3 tipe umum durasi sebuah iklan yaitu (1) iklan pendek dengan durasi rata-rata berkisar 15 detik, (2) iklan panjang dengan durasi rata-rata 30 detik, dan (3) iklan cerita yang biasanya memiliki durasi panjang sekitar 60 detik.

Tentu saja yang paling banyak adalah iklan pendek dengan durasi 12 detik hingga 15 detik. Mungkin ini berkaitan juga dengan biaya tayang di televisi. Meskipun durasinya pendek, beberapa diantaranya bagus-bagus, baik dari sisi ide, visualisasi, dan pesan.

Nah, Instagram baru saja meluncurkan fitur video dengan durasi 15 detik. Bayangkan potensi yang mungkin diciptakan dengan adanya fitur baru ini. Misalnya sebuah brand bisa mengajak (engage) fans base-nya untuk membuat video salah satu produk dan memilih beberapa yang terbaik untuk ditayangkan secara nasional. Wah, ini engagement yang sangat luar biasa.

Jadi, apa pendapat Anda tentang video 15 detik, khususnya fitur baru Instagram ini?

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.