Informasi grafis

Kemarin saya menerima bahan presentasi untuk pertemuan manajemen. Di dalamnya terdapat beberapa hasil olahan data yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Saat memberikan feedback untuk finalisasi bahan tersebut, saya kembali teringat feedback-feedback yang saya berikan pada para engineer muda dan staf-staf saya.

Data yang kita miliki bisa jadi sangat kompleks atau sangat banyak. Tujuan grafik adalah menyederhanakan informasi, baik informasi mengenai data itu sendiri maupun informasi mengenai hasil olahan data tersebut. Nah, terkadang informasi yang ingin disampaikan hanya ada di kepala kita. Kita tidak memikirkan bagaimana informasi ini dapat diterima dengan mudah.

Ini adalah salah satu kelemahan orang yang terlalu bergulat di hal-hal teknis dan engineering, merasa bahwa isi kepala dan cara pikir teknik bisa diikuti oleh penerima informasi. Perlu ada kerja lebih untuk mengubah data yang kompleks tersebut menjadi informasi grafis yang berarti, sederhana, DAN indah. Lucunya, tidak banyak yang bisa melakukan ini. Meski saya pikir ini bisa dilatih dan ia harus punya selera. Artinya orang tersebut juga harus punya sense of art. Seni di dalam rekayasa.

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.