Jalan delapan bulan

Beberapa hari yang lalu saya bertemu teman yang sedang hamil. Sambil berjalan ke arah lift, saya menanyakan usia kandungannya. Dan ini jawabannya:

Jalan 8 bulan

Pada saat itu saya hanya mengangguk dan melanjutkan obrolan tentang hal lain. Saat kami berpisah, saya baru berpikir tentang maksud dari pernyataan tersebut. Ada dua kemungkinan arti dari pernyataan tersebut, yaitu:

1. Saat ini tujuh bulan sekian hari, sehingga dalam waktu tidak lama lagi masuk 8 bulan, atau 2. Saat ini sudah masuk delapan bulan sekian hari.

Ini mungkin persepsi saya yang memiliki latar belakang teknis. Namun menurut pendapat saya, mengapa tidak secara lugas mengatakan, misalnya 7.5 bulan, atau 7 bulan 3 minggu, atau 8 bulan kurang 2 hari.

Jadi, apa sebenarnya maksud dari “jalan delapan bulan”?

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.