Tentang kereta api

Kapan terakhir Anda menggunakan kereta api, khususnya rute Bandung – Jakarta? Saya sendiri tidak ingat pasti kapan ke Jakarta (atau ke Bandung) menggunakan kereta api. Mungkin sekitar 6 tahun yang lalu. Sejak maraknya travel Bandung – Jakarta, saya memang lebih memilih menggunakan jalur Cipularang untuk ke Jakarta.

Namun hari Rabu yang lalu istri saya mengajak saya dan anak-anK ke Jakarta dengan menggunakan kereta api. Si bungsu memang belum pernah naik kereta api sebelumnya sehingga ia sangat gembira ketika ditawari untuk mencoba kereta api.

Saya sendiri cukup kaget dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama perjalanan kereta api tersebut. Ternyata PTKAI memang bekerja keras untuk meningkatkan layanan, tentu saja dibandingkan pengalaman saya berkereta api sebelumnya.

Tiket. Tiket sangat mudah untuk diperoleh dan kanal pembayaran juga sangat beragam sehingga memudahkan calon penumpang. Yang saya jajal adalah memesan melalui internet, lalu mengubah pesanan melalui call center. Pembayaran saya lakukan melalui gerai Alfa Mart. Penukaran bukti pembayaran dengan tiket juga bisa dilakukan mandiri. Saat tiba di stasiun kita tinggal memadukan kode pemesanan ke konter yang tersedia dan mencetak tiket.

Toilet stasiun. Ini yang harus saya acungi jempol. Baik di Bandung maupun di Jakarta, toilet cukup bersih. Air melimpah. Sabun cuci tangan tersedia. Saya sempat mencari uang kecil sebelum masuk ke toilet namun ternyata penggunaan toilet di stasiun gratis.

Gerbong dan perjalanan. Kelas yang saya gunakan adalah gerbong eksekutif. Kursinya terhitung nyaman. Ada petugas yang memberi tahu bahwa perjalanan akan segera dimulai. Ada petugas yang berjaga untuk membersihkan toilet sepanjang perjalanan. Petugas pemeriksa tiket juga memeriksa dengan ramah. Meski demikian ada satu kekurangan yang sangat mengganggu yaitu tidak ada air di toilet.

Begitulah gambaran saya tentang perjalanan kereta api Bandung -Jakarta terakhir. Banyak peningkatan pelayanan yang berhasil dilakukan oleh PTKAI. Namun tentu saja masih ada beberapa yang perlu diperbaiki. Semoga semakin baik. Yang pasti, saya tidak kapok naik kereta api. Anak-anak pun tetap ingin mencoba kembali naik kereta api.

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.