Bertanya dengan tepat

Kemampuan apa yang harus dimiliki generasi mendatang ketika manusia bisa mencari dan menemukan jawaban atas segala pertanyaan dan masalah yang mereka hadapi di internet?

Di era informasi kemampuan untuk mencari jawaban akan menjadi kalah penting dibandingkan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan dengan tepat. Bertanya dengan tepat bukan hanya menjamin bahwa Anda akan mendapatkan jawaban yang tepat atas masalah yang dihadapi, namun bertanya dengan tepat juga lebih efisien dari sisi waktu.

Apakah Anda pernah memasukan kata kunci saat googling namun hasil pencarian tidak sesuai dengan harapan? Ini adalah analogi sederhana dari hal di atas. Jawaban tidak ditemukan, masalah justru bertambah. LOL.

Kemampuan menyelesaikan masalah memang diawali dengan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan. IMHO, ini tidak sama dengan hipotesa – yang pada dasarnya adalah penjelasan atau jawaban awal yang dibuat berdasarkan data awal yang terbatas sebagai langkah awal untuk penelitian lebih lanjut. Mengajukan pertanyaan pada dasarnya adalah untuk mendapatkan jawaban. Namun pada beberapa kasus, pertanyaan diajukan untuk menguji dan menggali informasi. Ring a bell?

Sepertinya memang tidak ada mata pelajaran tentang cara bertanya dengan tepat. Untungnya bertanya dengan tepat ini merupakan keahlian sehingga kita bisa melatih diri kita untuk menjadi “ahli bertanya”. Sayangnya belum ada tempat pelatihan untuk hal ini.

Wah, ini bisa jadi peluang bisnis baru sepertinya.

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.