Bakso Malang Enggal, Jl. Pasteur, Bandung

Salah satu tempat jajan dan jajanan kesukaan saya di Bandung adalah Bakso Malang Enggal. Lokasi Enggal ini sangat strategis yaitu di jalan Pasteur arah menuju tol Pasteur. Jadi siapapun yang bermaksud keluar kota Bandung melalui jalur jalan Pasteur pasti melewati tempat kuliner ini.

Bakso Malang Enggal pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan bakso Malang lainnya. Yang membedakannya hanyalah Enggal menyediakan pilihan bakso goreng dan karisol (atau apa ya namanya? Ini semacam risoles goreng) sebagai pilihan isian. Pada saat post ini dibuat, harga per biji sekitar Rp. 1800.

Pilihan saya hampir selalu bervariasi, namun favorit saya adalah tahu, siomay, bakso, dan bakso goreng. Saya biasanya menyantap 2 mangkok meski total hanya menyantap 10 biji isian. Kenapa 2 mangkok? Agar bisa dapat 2 mangkok kuah juga. Soalnya kuah Enggal ini mantap sih. Karena saya tipikal orang yang harus makan nasi, saya juga biasanya membawa nasi dari rumah atau membelinya di warung Padang untuk disantap bersamaan dengan bakso Malang Enggal ini. LOL.

Nah, sebulan terakhir ini di pintu masuk Enggal biasanya berdiri tukang asongan yang menjajakan gemblong. Ini juga adalah jajanan favorit saat kecil dulu. Kita bisa membelinya untuk disantap bersama bakso atau kebanyakan orang biasanya membungkus gemblong sebagai cemilan dalam perjalanan keluar kota Bandung.

Author: aryadn

blogger, microblogger, professional mining engineer, metallurgist by education, interested in mobile-street photography.